Cara Perawatan Anis Merah Mabung, Supaya Bulunya Sempurna

Cara Merawat Anis Merah - Bagaimana cara perawatan yang tepat saat anis merah sedang dalam masa mabung (ganti bulu)?. Benarkah perawatan yang salah dapat berakibat kurang baik pada burung anis merah yang sedang mabung? Cara Perawatan Anis Merah Mabung, Supaya Bulunya Sempurna sebaiknya memperhatikan beberapa hal. 

Saat mabung (moulting) adalah saat yang sangatlah menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang serta digantikan sepanjang masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari keseluruhan protein yang ada didalam badan burung. Inilah kenapa sepanjang masa mabung butuh ditambahkan juga protein sebesar seperempat keseluruhan protein pada badan burung. 

Bulu-bulu serta selongsong bulu terdiri atas kian lebih 90% protein, terutama protein yang dimaksud keratins. Protein bulu tidak sama dengan protein pada badan serta telur dan membutuhkan jumlah seimbang yang tidak sama atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). 

Burung mesti konsumsi makanan dengan kandungan asam amino type ini lalu menyerap serta disimpan sebagai protein (keratin) spesial untuk kepentingan perkembangan bulu. Sistem ini sangatlah utama untuk burung serta badan burung mesti bekerja ekstra untuk memperoleh gizi yang pas untuk membuat bulu dengan cara prima. 

Saat burung mabung, mereka juga membutuhkan daya yang besar untuk menghasilkan bulu anyar. Kepentingan daya yang dibutuhkan untuk penuhi keperluan protein, mengakibatkan burung mesti konsumsi semakin banyak makanan sepanjang meranggas agar bisa menjaga perkembangan bulu anyar. 

Untuk di ketahui saja, daya yang dibutuhkan burung sepanjang masa mabung sebesar dua 1/2 kali semakin banyak daripada burung yang tengah menghasilkan telur (saksikan umpamanya penjelasan pada “Moulting in Bird” di website vetafarm. com sebagai rekomendasi paling utama untuk tulisan tentang permasalahan mabung ini). 

Aspek-faktor yang punya pengaruh pada saat mabung tak dapat seutuhnya dipahami, lantaran sangatlah kompleks. Usia burung, musim ketika mabung, cuaca harian, kandungan hormon serta siklus perkembangbiakan, seluruhnya jadi aspek penentu untuk kesuksesan atau kegagalan burung melalui saat mabung. 

tips, cara, metode, trik merawat, perawatan, burung anis, merah, kicauan, yang sedang mabung, supaya, bulunya bagus, vitamin untuk anis merah, treatment anis mabung,

Hal yang paling penting untuk diingat yaitu bahwa pada ketika burung mabung, Anda mesti memberi suplai pakan yang pas hingga mereka dapat meningkatkan bulu-bulu sesempurna mungkin saja. 

Untuk sediakan protein yang dibutuhkan untuk peningkatan produksi bulu, Anda mesti tingkatkan asam amino yang memiliki kandungan sulfur sebagaimana metionin serta sistin. Protein sebagaimana itu dapat diketemukan didalam daging hewan. 

Daging bisa diberikan pada umumnya burung yang tengah mabung dalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin serta multimineral yang baik semestinya memiliki kandungan beragam vitamin serta mineral dan asam amino untuk sangat mungkin tumbuhnya bulu dengan cara normal. 

Walaupun biasanya mabung jalan normal, ada banyak hal yang kerap mengganggu saat mabung burung, terutama tumbuhnya bulu yang tak rata atau malahan ada bulu yang tak rontok (sebatas nyulam). 

Penggangu itu diantaranya : 

Penyakit – Penyakit yang dikarenakan virus circovirus (Beak and Feather Disease) serta virus polyoma yaitu penyakit paling umum yang mengakibatkan burung kesusahan menghasilkan bulu. Psittacosis kritis, masalah parasit serta infeksi bakteri pada usus dapatlah mengakibatkan bulu burung susah tumbuh. 

Gizi jelek – Seperti digambarkan diatas, kriteria untuk berlangsungnya produksi bulu dengan cara normal benar-benar sangat banyak, serta karena itu makanan yang kurang gizi dapat mengakibatkan tumbuhnya bulu yang tak berkwalitas (gampang patah, gampang kusam, melintir/keriting dsb). 

Kimiawi – pemakaian bahan kimiawi kerap mengakibatkan bulu tumbuh tak prima atau malahan mengakibatkan kerusakan bulu. Salah satu misalnya yaitu zat penghilang cacing pada merpati yang di kenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini bakal mengakibatkan bulu burung melintir bila diberikan semasa burung mabung. 

Stres – Hal semacam ini berlangsung khususnya untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia mengakibatkan bulu anyar tak dapat berkembang prima dsb. 

Apa yang butuh Anda kerjakan supaya burung bisa mempunyai bulu anyar sebaik-baiknya? 

Pertama-tama singkirkan semua cacing, kutu, mikroba pengganggu serta parasit yang lain. 

Ke-2, yakinkan tak satu juga dari burung Anda jadi pembawa virus bibit penyakit, umpamanya Polyoma. 

Ketiga, berikanlah gizi yang pas sepanjang burung meranggas/mabung dengan pakan yang bagus. Cuma saja butuh diingat bahwa pakan yang bagus bukanlah bermakna pakan yang banyak, karena terlampau banyak pakan yang cuma memiliki kandungan karbohidrat umpamanya, cuma bakal menjadikan burung kekurangan gizi walau dengan cara fisik tampak gemuk. 

Bila Anda sudah lakukan segalanya diatas serta masih alami permasalahan dengan kualitas bulu Anda butuh bicara dengan dokter hewan spesial burung. 

Langkah Smart memakai BirdVit 

Dalam kaitan dengan masalah mabung inilah dianjurkan pada penghobi burung untuk memberi burung konsumsi penambahan, umpamanya BirdMolting atau BirdVit untuk burung yang tengah mabung. Langkah tersebut lebih smart” karena BirdVit yaitu multivitamin serta multimineral yang sangatlah dibutuhkan burung sepanjang masa mabung. 

BirdVit memiliki kandungan nyaris seluruhnya vitamin serta mineral yang dibutuhkan burung, sebagaimana : 

  • Vitamin paling utama, yaitu A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C serta K3. 
  • Zat esensial sebagaimana D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sebenarnya yaitu salah satu bentuk dari Vitamin B) serta Ca-D Pantothenate. 
  • Mineral paling utama sebagaimana potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate serta cobalt sulfate. 


Dengan hal tersebut, sepanjang kita memakai BirdVit untuk mengatasi burung mabung, jadi kita pas memberi jumlah pakan sebagaimana yang lalu tanpa ada cemas burung kekurangan “energi saat mabung”. Karena, memanglah benar daya yang dibutuhkan burung saat mabung tidaklah daya yang cuma bakal mengumpul jadi lemak namun daya untuk perkembangan bulu sebagaimana asam amino yang memiliki kandungan sulfur sebagaimana metionin serta sistin. 

Anis merah bermasalah 

Untuk burung-burung yang sangatlah punya masalah umpamanya bulu gampang patah atau burung sakit-sakitan selesai saat mabung, umumnya karena konsumsi mineralnya yang kurang. Lainnya dipakai BirdVit, Anda dapat memasukkan juga BirdMineral. 

Apa beda BirdMineral serta BirdVit? 

Untuk di ketahui, ada mineral serta vitamin spesifik yang tak efisien bila dipakai berbarengan. Bakal sama-sama melemahkan. Lantaran keduanya keduanya sama diperlukan burung dalam jumlah yang seimbang, jadi mineral serta vitamin spesifik cuma dapat digabung dengan komposisi serta volume spesifik. 

Sebagaimana di ketahui didalam BirdVit ada beberapa mineral yang sangatlah dibutuhkan burung. Tetapi kandungan mineral didalam BirdVit tak sebesar didalam BirdMineral lantaran lainnya sebagai penjaga vitalitas burung, BirdMineral juga berbentuk mengcover atau menyembuhkan. 

Pola perawatan anis merah saat mabung : 

  • Letakkan burung ditempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Baiknya burung semakin banyak dalam keadaan dikerodong. 
  • Mandi pas 1x satu minggu saja serta jemur optimal 30 menit/hari atau bila untuk perlakuan ekstrim burung mabung, dapat dikerjakan perawatan ekstem mabung. 
  • Bila Anda tak memakai BirdVit atau BirdMineral, pemberian jumlah EF diberikan semakin banyak lantaran sangatlah dibutuhkan untuk pembentukan beberapa sel anyar serta untuk perkembangan bulu anyar. Umpamanya : stelan jangkrik di buat 4 ekor pagi serta 4 ekor sore, kroto 1 sendok makan tiap-tiap pagi serta cacing 2 ekor 3x seminggu 
  • Walau tak memakai BirdVit serta/atau BirdMineral, pemberian multivitamin yang berkwalitas yang digabung di air minum 2x satu minggu sangatlah butuh. 
  • Bila Anda tak memakai BirdVit, butuh memperbanyak pemberian buah pepaya, lantaran buah pepaya sangatlah gampang diolah hingga memperlancar sistem metabolisme badan burung. Di samping itu buah pepaya banyak terkandung vitamin C yang bakal menolong tingkatkan ketahanan badan burung. 

Melakukan Pemasteran (Mastering) 

Saat mabung menjadikan burung semakin banyak pada keadaan diam serta mendengar. Inilah ketika yang pas untuk mengisi variasi nada sesuai sama yang kita kehendaki. Kerjakan pemasteran dengan pas, cocokkan ciri-ciri serta jenis nada burung dengan nada burung master.

0 Response to "Cara Perawatan Anis Merah Mabung, Supaya Bulunya Sempurna"

Posting Komentar