Treatment Anis Merah Sehari-hari, Perhatikan Hal Ini

Cara Merawat Anis Merah - Bagaimana cara treatment / perawatan Harian untuk burung anis merah? Sebagai pemilik burung anis merah tentunya harus tahu pasti tentang cara perawatan burung anis merah miliknya, hal ini mutlak diperlukan, karena dengan perawatan yang baik, maka burung anis merah yang baik juga pasti bakal di dapatkan. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perawatan / treatment sehari-hari untuk burung kicauan Anis merah:

Tempat : Anis merah dapat dipelihara dengan sangkar bulat ataupun kotak ukuran 40 x 40 x 60 cm atau dapat pula bulat dengan diameter 30 cm. Sedangkan tenggeran atau pangkringan dapat di buat dengan diameter 1, 5 cm, dengan bahan cabang kayu asam yang keras, permukaan kulit yang agak kasar hingga dapat untuk mengasah paruh supaya tak runcing. Untuk perawatan harian, anis merah tak butuh dikerodng serta cuma dikeorodng malam hari supaya tak kedinginan. 

Pakan anis : Hal paling utama yang butuh di perhatikan dalam soal pakan yaitu menu yang variatif hingga kecukupan nutrisi, vitamin serta mineralnya. Pakan yang bagus, lainnya komplit nutrisinya sebagaimana protein, karbohidrat, juga komplit vitaminnya sebagaimana vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C serta K3. Lainnya itu, butuh juga memiliki kandungan zat esensial sebagaimana D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sebenarnya yaitu salah satu bentuk dari Vitamin B) serta Ca-D. Baca juga Perawatan Anis Merah Saat Mabung.

Di samping vitamin, butuh juga kecukupan mineral. Mineral diperlukan dalam pembentukan darah serta tulang, keseimbangan cairan badan, manfaat syaraf yang sehat, manfaat system pembuluh darah jantung dan sebagainya. Sebagaimana vitamin, mineral berperan sebagai ko-enzim, sangat mungkin badan lakukan fungsinya sebagaimana menghasilkan tenaga, perkembangan serta pengobatan. 


Cara, Trik, Tips, Perawatan, Treatment, rawat, merawat, burung, anis, merah, kicauan, utk sehar-hari, dan stelan sehari-hari

Yang termasuk juga mineral yang dibutuhkan burung anis merah yaitu Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin serta Kalium. 


Makanan yang sesuai bagi burung anis merah : 


  1. Voer (baiknya tentukan yang berkadar protein tengah yakni : 12%-18%, belum pasti Voer yang bernilai mahal bakal pas dengan system metabolisme tiap-tiap burung Anis Merah. Voer mesti senantiasa ada di dalam cepuknya. Senantiasa ubah dengan Voer yang anyar tiap-tiap dua hari sekali. 
  2. Buah Fresh, burung ini sangatlah suka pada buah Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat serta sebagian buah yang lain. Baiknya memperbanyak pemberian buah Pepaya, lantaran buah Pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi hingga menolong tingkatkan ketahanan badan. Selain itu, buah Pepaya sangatlah gampang diolah serta sangatlah pas dengan system metabolisme rata-rata burung pemakan buah. 
  3. EF (Extra Fooding), pakan penambahan yang sangatlah baik buat burung Anis Merah yakni : Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang serta yang lain. Pemberian EF mesti senantiasa sesuai dengan ciri-ciri pada semasing burung serta mesti tahu dengan pasti efek klausal dari pemberiannya EF itu. 



Pola Perawatan Harian serta Stelan Harian untuk burung Anis Merah : 


Jam 07. 00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07. 30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, bergantung pada rutinitas semasing burung). 

  1. Bersihkan markas harian. Ubah atau imbuhkan Voer, Air Minum serta buah fresh.  
  2. Berikanlah Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF. Janganlah pernah memberi Jangkrik dengan cara langsung pada burung. 
  3. Penjemuran bisa dikerjakan sepanjang 1-2 jam/hari mulai jam 08. 00-11. 00. Sepanjang penjemuran, baiknya burung tak lihat burung sejenis. 
  4. Selepas dijemur, angin-anginkan kembali burung itu diteras sepanjang 10 menit, lalu sangkar dikerodong. 
  5. Siang hari hingga sore (jam 10. 00-15. 00) burung bisa di Master dengan nada Master atau burung-burung Master. 
  6. Jam 15. 30 burung diangin-anginkan kembali diteras, bisa dimandikan jika butuh. 
  7. Berikanlah Jangkrik 1 ekor pada cepuk EF. 
  8. Jam 18. 00 burung kembali dikerodong serta di perdengarkan nada Master sepanjang masa istirahat hingga pagi harinya. 

Perlu Diperhatikan :


  1. Kroto fresh diberikan 1 sendok teh optimal 2x satu minggu. Misal sehari-hari Hari senin pagi serta hari Hari kamis pagi. 
  2. Pemberian Cacing diberikan 2 ekor 1x satu minggu. Misal sehari-hari Hari senin pagi. 
  3. Buah Fresh diberikan teratur sehari-hari, dengan format : Hari Hari senin hingga hari Hari kamis berikanlah buah Pepaya, hari Jum’at serta hari Hari sabtu berikanlah Apel atau Pisang atau buah yang lain. 
  4. Berikanlah Multivitamin yang digabung pada air minum satu minggu sekali. 

Perlakuan burung anis merah over birahi 


  1. Pangkas jumlah Jangkrik jadi 1 pagi serta 1 sore. 
  2. Kerjakan pengembunan (jam 05. 30-06. 00). 
  3. Berikanlah Cacing 1 ekor 2x satu minggu. 
  4. Frekwensi mandi di buat lebih kerap, umpamanya pagi-siang serta sore. 
  5. Lamanya penjemuran dikurangi jadi 30 menit/hari saja. 
  6. Burung baiknya diisolasi, janganlah lihat serta mendengar nada burung Anis Merah lain dulu untuk sedangkan saat. 

Perlakuan burung anis merah ngedrop 


  1. Tingkatkan jumlah pemberian Jangkrik jadi 3 pagi serta 3 sore. 
  2. Tingkatkan jumlah pemberian Kroto jadi 3x satu minggu. 
  3. Tingkatkan jumlah pemberian Cacing jadi 2 ekor 3x satu minggu. 
  4. Mandi di buat 2 hari sekali saja. 
  5. Burung selekasnya diisolasi, janganlah lihat serta mendengar burung Anis Merah lain dulu. 
  6. Lamanya penjemuran ditambah jadi 2-3 jam/hari.

0 Response to "Treatment Anis Merah Sehari-hari, Perhatikan Hal Ini"

Posting Komentar